Home / Articles / Memahami kesehatan otak (brain health) dan hubungannya dengan kesehatan mental (mental health).

Memahami kesehatan otak (brain health) dan hubungannya dengan kesehatan mental (mental health).

.
December 7, 2023
.
by Luthfi Mardiansyah
Capture

Memahami kesehatan otak (brain health) dan hubungannya dengan kesehatan mental (mental health)

Otak adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling kompleks dan menakjubkan. Otak bertanggung jawab atas semua fungsi tubuh termasuk car akita bergerak, berkomunikasi, mengambil keputusan, dan menafsirkan lingkungan sekitar. Otak kita juga memproses pikiran, perilaku, perasaan, dan emosi kita. Inilah sebabnya mengapa kita tidak dapat membicarakan kesehatan mental tanpa memperhatikan kesehatan otak. 

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan otak adalah keadaan fungsi otak di seluruh ranah kognitif, sensorik, sosial-emosional, perilaku, dan motorik , yang memungkinkan seseorang mewujudkan potensi penuhnya sepanjang hidupnya. 

 

Menjaga kesehatan otak kita,  dapat meningkatkan fungsi kognitif, ketahanan, dan kesehatan psikologis kita secara keseluruhan. Ini membantu kita mengatasi stress sehari-hari dan menjalani kehidupan yang bermakna. 

 

Berikut hal-hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi otak kita dan meningkatkan kesehatan mental yang baik :

 

Prioritaskan tetap saling berhubungan (Prioritize connection)

Manusia adalah makhluk sosial. Itu sebabnya berhubungan dengan orang-orang dan komunitas, kita tidak hanya terasa menyenangkan, tapi juga baik untuk kesehatan mental kita.  Saat kita menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita sayangi, otak kita melepaskan zat kimia saraf (feel-good neurochemicals) yang membuat kita merasa lebih baik, termasuk oksitosin, yang juga dikenal sebagai hormon cinta. Baik itu bicara di telpon, bincang-bincang sambil minum kopi, atau jalan-jalan bersama teman, dan hal-hal yang sederhana lainnya, dapat membantu mengelola stress dan meningkatkan perasaan yang positif.

 

Bergerak sesuai dengan suasana hati (Move for your mood)

Aktifitas fisik adalah pendorong suasana hati yang paling utama dan merupakan kunci utama dalam membina kesehatan mental yang baik. Saat kita berolahraga, otak kita melepaskan endorphin yang membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan senang. Olahraga juga dapat membantu mengatasi stress, mengurangi kecemasan dan depresi, membantu kita berpikir lebih jernih dan meningkatkan rasa percaya diri atau harga diri.

 

Melakukan hobi baru (Engage in a new hobby)

Hobi seperti melukis, bermain alat music, berkebun, atau membaca buku, telah terbukti meningkatkan kesehatan mental dengan melawan stress dan mengurangi kecemasan dan depresi. Mempelajari ketrampilan baru tidak hanya membuat otak kita aktif dan selalu bekerja, namun juga memperkuat neuroplastisitas (neuroplasticity) otak yang meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan dan penuaan yang sehat (healthy aging).

 

Praktekkan kualitas tidur yang bagus (Practice sleep hygiene)

Tidur yang berkualitas tidak hanya merupakan aspek penting dari kesejahteraan kita, namun juga penting bagi kesehatan otak kita. Saat kita tidur, otak kita memproses ingatan, memperbaiki dan mengatur ulang sel-sel, membuang racun, dan melepaskan molekul-molekul penting seperti protein dan hormon. Mempraktekkan kebiasaan tidur yang sehat seperti mengatur waktu tidur, menjaga jadwal tidur yang konsisten, dan menemukan cara untuk melepas lelah sebelum tidur dapat membantu menjaga kesehatan kita.

 

Posted in

HARNESSING TOBACCO HARM REDUCTION

Business & Human Rights

Luthfi Mardiansyah, Chairman of CHAPTERS Indonesia, on December 1st, 2023 participated at the workshop on…

Understanding the different between health equality and health equity.

Understanding the different between health equality and health equity. While the terms equity and equality…